Jalan Mutar


Goblok. Itu kata pertama yang mengawali kebodohan saya menghapus memori-memori tulisan yang dibangun hampir 7 tahun.

Waktu itu habis sholat isya, jam 1 apa jam 2 malam. Jangan tanya kenapa solat isya ku lebih mirip solat tahajud. Di rakaat kedua, tiba-tiba kepikiran untuk mengurangi jejak digital demi masa depan yang lebih aman. Pertimbangannya lumayan banyak, takut ceritanya bakal berdampak ke kerjaan nanti, takut karaktrernya dibaca orang, sama takut disantet aja. Habis solat, sat set sat set langsung buka laptop, sempat scroll dulu liat-liat tulisan pas awal-awal menulis. Masih absurd, ceritanya kemana-mana, sering typo, sering lempar jokes tapi ngga kena.

Seiring tahun, tulisannya makin berkembang, makin santai, dari yang dulunya nulis pake 'gue', terus berubah jadi 'gw', terus sekarang pake 'saya'. Menyesuaikan umur hehe. Dari yang dulunya sering ngasih tips menjalani hidup, sekarang malah jadi pasrah aja sama kehidupan. Dari yang zaman SMA suka galau, tugas sekolah banyak, tambah tahun jadi makin ngang ngong ngang ngong karena kuliah ngga seindah series mandarin, laporan praktikum yang datang seenak dengkul, dosen yang ngasih tugas kayak orang sedekah, kuliah ngga kelar-kelar dan beban skripsi yang banyak mengorbankan malam minggu.

Andai blog nya masih bisa kembali, mungkin ini bakal jadi tulisan pertama setelah punya tittle. Blog yang lama itu isinya masa transisi saya dari baru tamat SMP, terus hampir 60% nya keluhan di SMA, selebihnya misuh-misuh problema kuliah yang diupdate jarang, paling hoki kalo bisa nulis 2 kali setahun karena saking sibuknya membayar utang tidur akibat kegiatan kuliah yang gila-gilaan.

Habis flashback hampir sejam, sempat mikir solusi terbaik gimana kalau tulisannya diarsip saja, minimal masih bisa dibaca lagi kalau kangen, bisa pamer ke orang kalau 'gini lho saya dulunya'. Tapi, namanya bukan bulan ramadhan, setannya pada ngga diikat, ada yang usil kompor-komporin saya buat hapus blognya.

Karena saya mikirnya pendek, tanpa pertimbangan panjang, jejak digital yang dirasa terlalu banyak diliat orang, jadilah saya memilih menghapus blognya tanpa back-up, tanpa punten. Guooooooblooook.

***

Sekarang lagi nulis ini sambil nyender, kaki dilipet, hati penuh penyesalan, dan kepala yang isinya kemana-mana. Ditemani kipas kamar yang lehernya mleyot dan notif grab ovo point yang suaranya tang ting tang ting dari tadi.

Kalau blog lama ku itu tidak pernah ada, mungkin saya yang sekarang bakal ngga berani nulis dan menerbitkan tulisan sampai di proceeding international, tidak bakal tau cara memilih kata yang tepat, mungkin juga bakal bingung bagaimana mengekpresikan isi kepala jika tidak seorang pun nyambung diajak bicara. Yang paling keliatan, julukan Blogger Absurd mungkin ngga melekat sampai sekarang. Dan mungkin ngga pernah bisa pamer 800k pembaca ke teman-teman kelas.

Benar juga kata orang-orang, proses yang dijalani bakal bikin kita lebih dewasa. Kalau kubaca lagi tulisan-tulisanku dulu, saya seolah melihat diriku yang masih kecil. Dari tulisan lama, saya jadi ingat pernah bermimpi jadi akuntan, lalu software engineer, lalu berubah ke civil engineer dan nasib malah membawa saya jadi geofisikawan. Dari yang dulu tiap ulang tahun selalu nulis wish-wish baik di blog, sekarang berubah jadi orang apatis yang lebih banyak buang-buang waktu di twitter. Life is sooo ridiculous.

***

Btw, baru kali ini coba nulis di microsoft OneNote, anjir baguuuuusss. Dulu masih pake Evernote yang free, sekarang kalau mau akses tulisan lama jadi berbayar. Karena saya nulisnya ngga digaji, ya saya kere. Gitu emang kalau mental masih gratisan, hehe.

Terakhir ngopek-ngopek html kayaknya tahun lalu, pas ada teman minta dibantu atur-atur tampilan blognya. Sekarang ngga tau deh masih ingat apa ngga. Untuk sekarang pakai tampilan standart dulu aja ding. Atur layoutnya kapan-kbaapan aja, nunggu niat.

Gimana akhir tahunnya? Masih males-malesan? Sama, saya juga ngga. Sibuk skripsian.

***

Eh, kenapa bikin blog lagi padahal udah dihapus?

'Karena yang jalannya lurus cuma pernikahan, ngeblog masih ada jalan mutar'.

Comments