Kuliah: Sebuah Perjalanan #1


Ingin kumulai cerita ini seperti Bilbo Baggins di buku The Hobbit yang hidup makmur sembari menghisap pipa kayu setelah menikmati makan pagi. Bukan dari rumah Hobbit kecil di Shire, melainkan dari rumah masa kecil di samping masjid yang sedari tadi murottalnya menggedor-gedor gendang telinga.

Bangun siang lagi. Ini kali kesekian bangun pagiku geser ke jam 10 setelah 15 hari sebelumnya harus bangun jam 4 subuh untuk make up wisuda. Astaga, itu kali kedua muka ku seperti dicoret krayon anak TK, lengket sana-sini. Mau senyum susah, pandangan terhalang bulu mata. Hampir dua hari mataku lengket karena lem nya ngga mempan sama micellar water. Sialan. Saya masih ngga paham sama perempuan yang setiap hari pakai make up kemana-mana, apa ngga keset itu mukanya.

Eh iya, yang nulis postingan ini udah resmi sarjana. Andai blog lamaku masih ada, mungkin kamu yang baca jadi bisa membandingkan gimana pusingnya saya yang dulu habis lulus SMA harus daftar PTN dengan yang sekarang. 15 hari jadi pengangguran rasanya kayak fafifuwaswewos. Tiap bangun kerjaannya liatin bunga-bunga, buka-buka LinkedIn mana tau ada temen yang udah keterima kerja sedangkan saya baru bangun dan belum cuci muka. Simplenya gini, kayak tiap lu bangun nih, isi kepala cuma "hmm, hari ini ngapain ya?".

Tulisan ini dibuat untuk mengulik lagi gimana saya di zaman awal-awal jadi maba. Ngga semua memang, sepenggal-sepenggal yang masih nangkring di ingatan aja. Tadinya pengen bikin thread di twitter biar viral, siapa tau jadi seleb. Kan lumayan ngga perlu apply CV sana-sini lagi karena udah punya side hustle sembari menikmati rebahan.

Mari kita mulai.

**
#Maba

Sebelum jadi job seeker, umur 17 tahun ku diisi dengan jadi PTN-seeker. Pokoknya tiap ada yang nawarin mau masuk kampusnya pasti saya masukin list. Hampir saja saya masuk sekolah pariwisata gegara promosi kampusnya bagus banget, suer.

Tapi setelah membusuk di RS akibat tipes setelah UN, akhirnya cuma daftar di 4 perguruan tinggi. Serakah banget kan saya, hihi. Waktu itu daftar Geofisika Unhas, Farmasi UIN Alauddin, Teknik Mekatronika Politeknik Bosowa, sama Perpajakan STAN. Tiga-tiganya keterima jalur undangan kecuali STAN, baru liat soal ujiannya udah bikin saya gumam "astaga, ini yang bikin soal dzolim banget ya".

Tiga jam di ruang ujian, saya cuma ngulang-ngulang abcde pake kancing baju tiap kali jawab soal TPA. Sambil nahan pipis karena AC-nya dingin banget dan ga boleh ke WC. Deritanya jadi double. Puji Tuhan, ngga lulus. Ngga mungkin dong STAN nerima mahasiswa yang kerjanya meratapi soal ujian.

Jadi selama ujian itu, tiap kali baca soal TPA, saya kayak kuman-kuman di tangan yang kaget kena desinfektan terus latah, "astagfirullah, apa tuh barusan?".

Setelah mengantongi LoA dari 3 kampus tadi, muka saya jadi tebel dong di sekolah. Tiap ada yang tanya "keterima di mana?", bisa dengan bangga pamer ketiga-tiganya. Tentu saja tidak lupa menyebut kalo saya bebas ujian. Muehehehe.

Kalau ditanya kenapa pilih Unhas akhirnya, jawabanku pasti ngga beda jauh dari isi kepala kalian yang baca ini. Yes, karena kampusnya bagus :D

Entah kenapa tanganku milih Geofisika pas daftar dulu, padahal tujuan awalnya Teknik Sipil dan Akuntasi. Terus malah sama sekali ngga kepikiran daftar TI atau Ilmu Komputer, padahal dulu lagi suka-sukanya sama pemrograman, walaupun sampe sekarang masih cetek. Kesimpulannya, saya salah jurusan. Sempat mau ikut SBMPTN lagi tahun depannya.

Tapi, kamu kira semudah itu, Ferguso?

Tahun pertama kuliah, kayak TAI. Beneran. Teman-teman di Unhas itu pada ambis semua, seolah bersembunyi dibalik tampang mirip anak kecil polos yang ngga tau apa-apa. Pernah ada satu temanku yang menurutku biasa aja di kelas, pas ditanya dulu di SMA dapet rank berapa, rank 1-nya IPA. Anjir. Ternyata anak-anak SMA yang kepalanya high class pada daftar Unhas semua kayaknya. Terus, pertemanan juga ngga begitu terjalin baik. Beberapa ada yang temannya itu-itu tok, ada yang sendiri-sendiri mulu, terus ada juga yang munculnya pas mau kuliah doang abis itu hilang. Dari situlah saya mikir gimana cara survive sampe semester-semester berikutnya. Kalo ada yang bilang anak Unhas kebanyakan individualis, ya emang bener.

Semester 1-2 nya anak-anak Saintek kayak nerakanya PTN, jingan. Senin sampai jumat kuliah, terus disela-sela jadwal kosongnya diisi praktikum di Lab. Asisten Labnya juga ngga ngotak, suka seenak dengkul ngatur jadwal asistensi, marah-marah, teriak-teriak. Asisten lab nya kayak Tuhan. Mau marah sama Tuhan? Ngga bisa, dosa, masuk neraka. Pernah habis kuliah, asistennya minta kumpul laporan jam 1 siang, terus anggota kelompok nya musti lengkap, ngga mau tau pokoknya harus ada. Lari lah saya ke ruang asisten sembari meratapi nasi campur yang belum habis setengahnya. Saking gedegnya, sempat mikir kalo asisten Lab itu mahasiswa yang sok-sokan paling pinter di jurusan, mahasiswa norak. Terus tahun depannya, saya malah ikutan daftar.

Semester 1-2 dilewati dengan misuh-misuh. Saya jadi belajar begadang sampe subuh, tidur di emperan kelas sambil tunggu kuliah pagi, terus belajar tidur duduk sambil mendengarkan ceramah dosen setiap hari. Materi kuliah di semester awal-awal itu kayak lewat sambil ngomong di telinga "punten" doang terus hilang.

Saya di SMA aslinya suka bolos, di kuliah malah tambah sering bolos karena kecapean ngelaprak, plus udah mulai belajar titip absen. Di BALANCE juga mulai bandel, googling aja BALANCE Unhas itu apa kalo ngga ngerti. Kegiatannya tiap sabtu kan, harusnya bisa bayar utang tidur dong, bolos lah saya, nitip absen ke teman yang kebetulan satu ruangan, eh ketahuan sama panitia. Karena malunya sampe ubun-ubun, saya ngga dateng lagi dan harus ngulang kelas tahun depannya. Kapok? Ngga dong, tetap masih sering bolos matkul pagi.

Gedung Mata Kuliah Umum itu dekat sama Lab-lab dan perpustakaan pusat. Tiap kuliah pagi kimia dasar, badan ku pasti ada di lantai 2 perpustakaan, terlelap di Chinese Corner. Untung dosennya ngga pernah notice. Kalau Bapak baca ini, maafkan saya pak, setengahnya kuliah bapak saya tipsen semua. Pernah juga karena capek nulis dari sore sampe jam 5 subuh karena deadline laporan, saya ngga ikut Lab paginya, malah berimbas kelompokku ngga boleh ikut Lab hari itu karena banyak yang ikutan bolos juga. Tapi lumayan, hari itu jadi bisa tidur 3 jam sebelum masuk kuliah lagi.

Jadi, sesungguhnya kalimat "semester depan saya akan lebih rajin" itu hoax. Di kuliah, seolah ngga ada tempat untuk orang-orang pemalas kayak saya.

Comments