Sat Set Sat Set


Pernah ngga lu punya teman yang kalo bawa kendaraan suka ngajak mati muda? Anti nge-rem, teman sehidup semati.

Kualami beberapa bulan belakangan. Tiap kali dibonceng bawaannya kayak "anyiiiing nabrak nih", "ya Allah, ya Allah". Tapi aman-aman aja sampe tujuan, kaki doang yang kegancet sana-sini.

Pernah nih, bulan lalu, saya nganterin teman ujian, tentu saja sat set sat set dong karena buru-buru. Di ujung jalan hampir nabrak. Saya masih ingat jelas kalimat yang keluar dari mulut pas sampe, "sebentar, jantungku jatuh di perempatan tadi". Berasa penggugur dosa, istighfar terus. Jadi tiap kali dibonceng dia, saya selalu setor nyawa.

Saya ngga tau isi fikiran tipikal orang-orang kayak gitu gimana. Ngira jalan raya milik sendiri mungkin.

Atau barangkali, seperti jalan menuju Roma. Tapi Roma kejauhan kalo dari Tamalanrea. Jadi, tiap kali dibonceng dia, bawaannya pengen minta maaf sama orang-orang. Umur ngga ada yang tau ye kan.

Di belahan bumi sebelah, Gigi Hadid kalo dibonceng Zayn sambil istighfar juga ngga ya?

Kadang nih, lagi macet, entah instingnya kenceng apa emang orangnya yang blunder, motornya suka mepet-mepet kendaraan lain, lewat trotoar kiri, mau ada air, lubang, jalan penuh batu disosor semua. Kalau bawa kendaraan tuh mbok ya pake pancasila, ngebut seadanya. Jangan pake prinsip "demi cepat sampai". Kalau sampai-nya ke akhirat gmana?

Pesanku, mau lagi happy, atau kena tai, tetaplah nyebut "ya Allah, ya Allah" tiap dibonceng orang.

**

Thank God saya masih bisa nulis ini sambil misuh-misuh.

Sekarang h-3 jam bepergian jauh, belum packing. Udah ya, sekian.

Comments